Penatalaksanaan Malformasi Adenomatosa Kistik Kongenital: Sebuah Laporan Kasus Berbasis Bukti

Main Article Content

Maida Tanara
Dhama Sinta

Abstract

Latar Belakang. Malformasi Adenomatosa Kistik Kongenital (MAKK) merupakan kasus yang diketahui dengan baik, walaupun termasuk kasus jarang. MAKK dapat dikelola secara konservatif pada pasien tanpa gejala atau memerlukan tindakan pembedahan saat pasien menunjukkan gejala.


Ilustrasi kasus. Seorang anak lelaki usia satu tahun masuk di unit gawat darurat RSCM karena takipnu hilang timbul sejak usia empat bulan. Didiagnosis dengan MAKK dua bulan sebelumnya di provinsi Bangka- Belitung, Indonesia. Lobektomi dilakukan dalam lima hari masa perawatan, ditemukan massa kistik dua pertiga paru kanan atas.


Metode. Penelitian ini adalah laporan kasus berbasis bukti. Basis data yang digunakan untuk pencarian literatur adalah Pubmed, Proquest, dan ScienceDirect. Kriteria inklusi adalah studi dalam bahasa Inggris atau Indonesia, dengan anak-anak di bawah 18 tahun sebagai subjek, dan artikel teks lengkap tersedia. Penilaian dilakukan menurut Oxford Center for Evidence Based Medicine 2011.


Kesimpulan. Lima studi kasus dianalisis. Tindakan bedah diindikasikan pada pasien simptomatik sesegera mungkin, dan pada beberapa pasien tanpa gejala sebelum usia satu tahun untuk perkembangan paru-paru yang lebih baik. Pasien yang menjalani torakoskopik adalah mereka dengan kasus yang tidak terlalu rumit dan karenanya tidak ada laporan mortalitas.

Article Details

How to Cite
1.
Tanara M, Sinta D. Penatalaksanaan Malformasi Adenomatosa Kistik Kongenital: Sebuah Laporan Kasus Berbasis Bukti. jibi-ikabi [Internet]. 2021 Sep. 12 [cited 2021 Nov. 29];49(1):40-9. Available from: https://jibiikabi.org/index.php/Jibi-ikabi/article/view/120
Section
Articles