Validasi Kuesioner EORTC QLQ-CR29 untuk Menilai Kualitas Hidup Pasien Kanker Kolorektal di Indonesia

Main Article Content

Maelissa Pramaningasih
Ibrahim Basir
Wifanto Saditya Jeo
Aria Kekalih

Abstract

Latar Belakang: Saat ini di Indonesia tidak ada kuesioner standar untuk menilai kualitas hidup pasien dengan kanker kolorektal. European Organization for Research and Treatment of Cancer Quality of Life Questionnaire ColoRectal 29 (EORTC QLQ-CR29), adalah sebuah kuesioner yang terstandarisasi untuk menilai kualitas hidup yang umum digunakan pada negara maju. Penelitian ini  mencoba membuktikan bahwa EORTC QLQ-CR29 adalah kuesioner yang valid dan reliabel untuk digunakan di Indonesia.


Metode: Kuesioner EORTC QLQ-CR29 diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, dan diterjemahkan kembali ke bahasa Inggris. Dilakukan sebuah studi pilot terlebih dahulu, kemudian studi utama ke pasien kanker kolorektal pada poliklinik Bedah Digestif di RSUPN dr.Cipto Mangunkusumo. Desain studi cross-sectional, digunakan intraclass correlation coeficient (ICC) untuk menilai test-retest realiability. Konsistensi internal dievaluasi menggunakan Cronbach’s ? coefficient. Validitas konvergen dan diskriminan dianalisa dengan multi-trait scaling. Validitas klinis dievaluasi berdasarkan perbedaan klinis yang telah diketahui sebelumnya menggunakan known-group comparisons.


Hasil: Sebanyak lima puluh dua pasien yang berpartisipasi pada penelitian ini. Proses penterjemahan membutuhkan sedikit perubahan akibat adanya perbedaan budaya. Uji test-retest dilakukan pada 17 subjek, yang menunjukkan nilai yang dapat diterima (0.67-1.00). Nilai Cronbach’s ? coefficient 0,77-0,86, nilai ini melebihi kriteria 0,7. Pada multi-trait scaling analysis menunjukkan skala multi-item memenuhi standar validitas konvergen dan diskriminan. Pada uji known group comparison menunjukkan kualitas hidup yang berbeda berdasarkan lokasi tumor.


Simpulan: Dibutuhkan adaptasi budaya dalam proses penterjemahan. Kuesioner EORTC QLQ-CR29 yang telah diterjemakan merupakan kuesioner yang valid dan reliabel untuk menilai kualitas hidup pasien kanker kolorektal di Indonesia.

Article Details

How to Cite
1.
Pramaningasih M, Basir I, Jeo WS, Kekalih A. Validasi Kuesioner EORTC QLQ-CR29 untuk Menilai Kualitas Hidup Pasien Kanker Kolorektal di Indonesia. jibi-ikabi [Internet]. 2020 Jun. 8 [cited 2022 May 29];47(1):45-56. Available from: https://jibiikabi.org/index.php/Jibi-ikabi/article/view/19
Section
Articles