Intervensi Endovaskular Aneurisma Aorta Torako-Abdominalis Pada Pasien dengan Sindrom Marfan: Tinjauan Literatur

Main Article Content

Patrianef Darwis
Yoni Vanto

Abstract

Latar Belakang. Sindroma Marfan merupakan penyakit jaringan ikat yang diturunkan secara autosom dominan dengan penyebab utama morbiditas dan mortalitas akibat kelainan aorta. Bedah terbuka merupakan tata laksana utama untuk kelainan aorta pada pasien sindrom Marfan, namun tidak semua pasien dapat dilakukan bedah terbuka, misalkan pada kondisi hemodinamik yang tidak stabil dan usia tua. Intervensi endovaskular merupakan salah satu pendekatan tata laksana minimal invasif yang masih kontroversial karena adanya risiko kegagalan primer berupa kebocoran aneurisma.


Metode. Penelusuran literatur dilakukan secara daring pada 3 database: PubMed, ClinicalKey, dan ScienceDirect. Dilakukan pemilihan studi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi literatur. Artikel terpilih ditelaah secara kritis berdasarkan alur seleksi dari PRISMA Flow Diagram. Didapatkan 6 artikel yang ditelaah secara kritis


Hasil. Tiga literatur mengenai prosedur endovaskular menunjukkan angka keberhasilan prosedur berkisar 20%-38% dengan risiko kegagalan primer (primary endoleak) yang cukup tinggi. Kematian akibat aneurisma lebih tinggi pada pasien sindrom Marfan yang menjalani teknik endovaskular dibandingkan pasien yang dilakukan bedah terbuka.


Kesimpulan. Prosedur endovaskular dapat dijadikan alternatif tatalaksana dengan mempertimbangkan kondisi pasien. Sedikitnya jumlah subyek pada penelitian-penelitian yang ada serta waktu follow-up yang singkat menyebabkan efektivitas teknik endovaskular masih diragukan jika dibandingkan dengan prosedur bedah terbuka.


Kata kunci: sindrom marfan, endovaskular, bedah terbuka, aneurisma aorta, torako-abdominal

Article Details

How to Cite
1.
Darwis P, Vanto Y. Intervensi Endovaskular Aneurisma Aorta Torako-Abdominalis Pada Pasien dengan Sindrom Marfan: Tinjauan Literatur. JIBI [Internet]. 2019 Oct. 23 [cited 2024 Mar. 29];47(2):60-82. Available from: https://jibiikabi.org/index.php/Jibi-ikabi/article/view/48
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)