Evaluasi Spektrum Gelombang USG Doppler dan Kaitannya dengan Ankle Brachial Index (ABI) dan Faktor-Faktor Risiko pada pasien Peripheral Arterial Disease (PAD)

Main Article Content

Patrianef Darwis
https://orcid.org/0000-0002-4982-9034
Faisal Ali Ahmad Kler
Karina Karina
Rizky Saputra Telaumbanua

Abstract




Latar Belakang. Salah satu komplikasi dari Peripheral Arterial Disease (PAD) adalah kerusakan tungkai bawah hingga tidak dapat digunakan untuk beraktifitas. Skrining dan penegakan diagnosis lebih awal diharapkan memberikan outcome yang lebih baik.


Metode. Penelitian studi potong lintang pada pasien PAD di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dari Juli 2013-Desember 2014. Terdapat 119 pasien yang sesuai dengan kriteria inklusi. Analisis univariat dilakukan untuk memperoleh gambaran distribusi frekuensi masing-masing variabel bebas dan analisis bivariat untuk menilai hubungan antara variabel terikat. Uji Mann Whitney dilakukan untuk menganalisa hubungan antara spektrum gelombang DUS dan ABI pada pasien PAD.


Hasil. Didapatkan pasien PAD dengan nilai ABI rata-rata 0,7 dengan gambaran gelombang DUS yang berubah dari trifasik menjadi non-trifasik dominan pada arteri infrapopliteal. ABI di bawah 0.9 menunjukkan perubahan pada gelombang DUS dari arteri femoralis hingga a.dorsalis pedis dengan nilai p <0.05. Faktor risiko yang signifikan pada PAD adalah usia di atas 45 tahun. Terdapat hubungan signifikan dengan p<0,05 pada hubungan antara gelombang DUS, ABI dan beberapa faktor risiko PAD.


Kesimpulan. Derajat keparahan PAD dapat ditentukan melalui nilai ABI dan DUS. Letak oklusi pada segmen arteri dapat diketahui dengan gelombang DUS. Penilaian ABI dan DUS memiliki hubungan positif terhadap faktor risiko PAD.




Article Details

How to Cite
1.
Darwis P, Kler FAA, Karina K, Telaumbanua RS. Evaluasi Spektrum Gelombang USG Doppler dan Kaitannya dengan Ankle Brachial Index (ABI) dan Faktor-Faktor Risiko pada pasien Peripheral Arterial Disease (PAD). JIBI [Internet]. 2020 Dec. 31 [cited 2022 Dec. 7];48(2):68-85. Available from: https://jibiikabi.org/index.php/Jibi-ikabi/article/view/66
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>