Hubungan Gejala Klinis Dengan Tekanan Intraventrikuler Pada Hidrosefalus Akut

Main Article Content

Donny Argie
Muhammad Zafrullah Arifin
Achmad Adam
Akhmad Imron
Mirna Sobana
Agung Budi Sutiono

Abstract




Latar Belakang. Penelitian tentang gejala klinis atau tekanan intrakranial pasien pediatrik yang menderita hidrosefalus akut telah banyak dilakukan, tetapi penelitian yang menghubungkan antara gejala klinis dan tekanan intrakranial pasien pediatrik yang menderita hidrosefalus akut belum banyak dilakukan. 


Tujuan. Mengetahui hubungan antara gejala klinis dengan tekanan intraventrikuler pada pasien pediatrik penderita hidrosefalus akut.


Metode. Penelitian prospektif analitik, dimana data diambil dari tanggal 1 Januari 2010 sampai dengan 17 Agustus 2013 di Departemen/ SMF Ilmu Bedah Saraf Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/ RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.


Hasil. Jumlah sampel pasien hidrosefalus akut, sebanyak 27 laki–laki (53%) dan 24 perempuan (47%). Penyebab hidrosefalus akut pada penelitian ini adalah neoplasma yaitu sebanyak 24 kasus (47%), dan infeksi 23 kasus (45%). Hasil uji secara statistik menunjukkan bahwa gejala klinis muntah dan penurunan kesadaran memiliki nilai yang bermakna dengan p<0.05 sedangkan nyeri kepala memiliki nilai yang tidak bermakna terhadap peningkatan tekanan intraventrikuler dengan nilai p >0.05.


Kesimpulan. Gejala klinis muntah dan penurunan kesadaran mempunyai hubungan dengan tekanan tinggi intrakranial sehingga dapat digunakan sebagai deteksi dini pada pasien pediatrik penderita hidrosefalus akut yang dis- ebabkan oleh neoplasma maupun infeksi.




Article Details

How to Cite
1.
Argie D, Arifin MZ, Adam A, Imron A, Sobana M, Sutiono AB. Hubungan Gejala Klinis Dengan Tekanan Intraventrikuler Pada Hidrosefalus Akut. jibi-ikabi [Internet]. 2014 Sep. 10 [cited 2022 May 29];43(1):43-7. Available from: https://jibiikabi.org/index.php/Jibi-ikabi/article/view/73
Section
Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.