Dekompresi Mikrovaskular pada Neuralgia Trigeminalis dan Spasme Hemifasialis

Main Article Content

Sri Maliawan
Tjokorda G.B. Mahadewa
Nyoman Golden
Wayan Niryana

Abstract

Pendahuluan : Menurut konsesus spesialis bedah saraf pada The 5th International Meeting of The Society for Microvascular Decompression Surgery, 2002, di Matsumoto, Jepang, terapi terpilih untuk neuralgia trigeminalis dan spasme hemifasialis adalah melakukan operasi dekompresi mikrovaskular (DMV). Tujuan penulisan ini untuk mengetahui hasil operasi DMV pada penderita dengan neuralgia trigeminalis (NT) dan spasme hemifasialis (SHF) di RS Sanglah (RSS), Denpasar.

Metode : Studi kohort tanpa kelompok kontrol dilakukan terhadap data rekam medis penderita NT dan SHF di RS Sanglah (RSS), Denpasar, yang menjalani DMV selama periode tahun 1991-2006. Prosedur DMV terdiri atas tindakan memperbaiki posisi pembuluh darah yang menekan dan membebaskan sumbu nervus trigeminus dengan meletakkan teflon di antara nervus dan pembuluh darah. Subjek dievaluasi dalam kurun waktu antara 1 sampai 12 tahun pascoperasi. Data dianalisis untuk memperoleh angka kesembuhan segera, tingkat kepuasan pasien, angka kesembuhan tidak sempurna, angka kekambuhan, dan komplikasi operasi.

Hasil : Dari 37 orang subjek terdapat 30 orang dengan NT dan 7 orang dengan SHF. Kesembuhan segera setelah operasi 93,3% pada NT dan 85,7% pada SHF. Subjek merasa puas dengan tindakan yang dilakukan sebanyak 83,3% pada NT dan 71,4% pada SHF. Kesembuhan tidak total 10% pada NT dan 14% pada SHF. Gangguan pendengaran pascaoperasi 13,3% pada NT dan 14% pada SHF.
Diskusi : Teknik reposisi pembuluh darah yang menekan nervus trigeminus atau nervus fasialis sebagai prosedur DMV dapat memberikan hasil yang memuaskan untuk mengobati NT dan SHF.

Article Details

How to Cite
1.
Maliawan S, Mahadewa TG, Golden N, Niryana W. Dekompresi Mikrovaskular pada Neuralgia Trigeminalis dan Spasme Hemifasialis. jibi-ikabi [Internet]. 2021 Aug. 2 [cited 2022 May 29];35(2):23-7. Available from: https://jibiikabi.org/index.php/Jibi-ikabi/article/view/129
Section
Articles